Jumat, 02 Januari 2009

Krisisnya krisis kepemimpinan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Berminggu-minggu, sejak liburan.. serasa jadi mayat idup.. tapi,akhirnya alhamdulillah.. Allah masih memberikan hikmah bagi saya, lewat berbagai sumber.. dari buku Anis Matta, dari alam, bahkan dari seorang anak kecil.
Ya.. Kepemimpinan.. Indonesia, kini banyak diisukan sedang mengalami krisis kepemimpinan. Hmm.. Ya gitu?? Menurut kamu gimana??
Kenapa Indonesia dibilang krisis kepemipinan.. beuh!! Udah krisis moneter.. krisis moral.. sekarang krisis kepemimpinan.. ada kata lain ga sih selain krisis??
Hmm. Kalo kita cermati, sebenarnya sih banyak pemimpin muda di Indonesia yang kualitasnya cukup ’wuah’ bisa bikin Se’kutu’ dan Israel ngamuk2 dengan gaya kepemiimpinannya yang cukup Islami.
Ya!! Masa muda adalah masa dimana kita bisa menumbuhkan kepemimpinan kita. Oleh karena itu, masa ini jangan disiakan begitu saja.. Kalo ada orang nulis2 tentang krisis kepmimpinan.. berarti dia sendiri juga krisis!! bukan kritis..
Lho kok gitu?? Bukannya berarti orang yang mengetahui adanya sebuah krisis kepemimpinan berarti dia mengerti tentang kepemimpinan??



Ok2.. Nafas dulu..



Ada seorang teman yang mengeatakan kalo kita butuh keteladanan. Wah.. keren nih.. tapi,apa yang terjadi?? Sepertinya beliau lupa dengan keteladanannya. Keteladanan adalah kunci kepmimpinan.. Pemimpin yang baik harus memberikan teladan (yang baik tentunya). Teladan yang buruk akan membuat bawahan ilfeel.. yang akhirnya.. harakah tersebut mandek.
Ada lagi teman yang lain yang mengatakan bahwa harakah kita sekarang ga punya inspirator... ga ada yang menonjol. Ok,saya setuju dengan beliau.. tapi,apalah artinya jadi inspiraot kalo tujuannya emang sebatas jadi inspirator?? Ga guna coy!!!
Dari semua kasus di atas saya, ada jawsbannya.. Saya mendapatkannya dari Presiden Partai Keadilan Sejathera, Tifatul Sembiring.. dalam artikelnya ia menyatakan bahwa.. Bangsa ini sangat aneh!! Kenapa?? Karena selalu digulirkan isu2 tentang krisis kepemimpinan. Emang kenapa?? Ga boleh ya?? Boleh.. tapi ini sudah berbahaya.. isu2 tentang kepemimpinan ini bisa menghancurkan motivasi para kaum muda calon pemimpin bangsa.. karena biasanya isu2 tersebut dilanjutkan dengan beban2 berat yang harus ditanggung untuk menjadi pmeimpin bangsa.
Dan satu hal yang tidak boleh dilupakan..
Buat apa?? Kita2 nulis kaya begituan?? Itu artinya kita pesimis.. kalo orang bilang ”ga ada inspirator, kita butuh isnpirator...” Oh.. mungkin orang itu lupa doa setiap abis shalatnya.. Robbana hablana minazwaazina wadzurriyatina qurrataa’yun waj’alna lilmuttaqina imama..
Hehe2.. ”jadikanlah kami pemimpin dari orang2 yang bertakwa..”. Senyum..
Sangat lucu.. terus buat apa tiap hari kita gitu?? Percuma diucapkan tanpa dimaknai..
Jadi, jika kita mengeluh tentang kepimpinan, tentang inspirator.. Kenapa mesti ngeluh?? Jadilah inspirator!! Jadilah pemimpin sejati!!!
Inilah yang fair.. jangan menyalahkan pemimpin!! Tapi ingatkan sang pemimpin!!

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

4 komentar:

  1. Assalamualikum
    Intinya dilarang menkritik begitu??
    Saya boleh tanya balik ya? Bukankah jika tidak bereaksi apa-apa ketika melihat sesuatu yang salah itu juga adalah sebuah kesalahan?? Masa hanya duduk diam terpaku dan pasrah? Pasrah itulah krisis sesungguhnya, kawan!
    Jika masalah memngingatkan pemimpin, tentu nyatanya sudah saya lakukan, dan bahkan salah satunya adalah merilis sebuah artikel kritikan. Malah saya ingin bertanya? Langkah apa yang sudah anda lakukan untuk mengingatkan sang pemimpin? Mingkritik pengkritik?

    BalasHapus
  2. Assalamualikum!
    Misyavad benar. Tapi sudahlah tidak berguna berdebat! Lebih baik kita turun ke dunia nyata dan mulai menepakan langkah real. Iya tidak? Sudah, mari kencangkan ikat pinggang dan satukan tujuan. Gabungkan kekuatan buat peradaban!! Allahuakbar!
    Wassalamualikum.

    BalasHapus
  3. Asssalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Saya ga nyuruh kalian diem, duduk2..
    tapi.. jadilah pemimpin jadilah inspirator.

    Saya udah mengingatkan sang pemimpin dengan ngobrol langsung dengannya.. Yah,walaupun mungkin masih gagal. tapi cara yang saya sampaikan berbeda dengan antum.


    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  4. assalamualikum...
    ane juga beberapa kali ngobrol langsung dengan beliau, tapi ya itu dia gagal.. daripada disitu ane stack yang mening ane tumpahkan di dunia maya. toh tak ada salahnya. lagipula disitu ane nyindir semua orang yang jadi pemimpin di dkm kan? jd bukan cuma beliau.

    BalasHapus