Sabtu, 06 Desember 2008

Catatan si Pemalas

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya.. ingin mengungkapkan hal yang selama ini menjadi bagian dalam hidup saya.. taiu kebencian.

Kenapa? ada yang aneh dengan hal ini.. ini normal. Jika Allah menciptakan cinta, lalu kenapa harus ada benci? Bukankah dengan cinta saja, hidup kita bisa teratur? Bukankah karena cinta, Allah menciptakan bumi, langit dan seisinya...

Saya tidak menolak pendapat itu.. saya sangat setuju dengan hal tersebut.
lalu apa? kenapa saya mengatakan kebencian itu penting.


Sebenarnya, kebencian adalah salah satu hal yang membangkitkan diri kita. Dan di sini, saya ingin menceritakan tentang hal-hal yang membuat saya membencinya.

Pertama, organisasi tempat ku berjuang saat ini. Bagaimana tidak? Saat ini, organisasi ini… begitu hancur. Bukan berarti saya tidak ingin berjuang. Saya ingin.. sangat ingin!
Tapi apakah bisa?? Jika waktu mentoring, kita nangis… 5 menit kemudian kita lupa dengan apa yang disampaikan?? Ga lucu bro!!! Di organisasi “dakwah” ini, seperti sesuatu yang palsu…
Tidak percaya??
Senangkah Anda melihat orang-orang yang kerjanya hanya mengonsep,tanpa alasan yang jelas!! Hanya karena disuruh?? Sungguh,organisasi ini berprinsip gerak reaktif!! Tahukah Anda?? Bahwa bersikap reaktif dalam organisasi adalah sesuatu hal yang primitif??
Nah,inilah permasalahannnya.. Organisasi ini begitu primitif.. Buktinya, kinerja kepengurusan yang ada.. hanyalah sebuah mekanisme robot yang bergerak tanpa adanya suatu arah yang jelas.. ga canggih.. ga madniri.. ini realitanya.
Ketika ada suatu masalah.. apa yeng pertama kali dilakukan oleh organisasi ini??
Jawabnya.. marah2, salingmenyalahkan… Sungguh,saya pusing untuk berada di organisasi ini.

Kedua, sistem pendidikan. Hal ini merupakan suatu pembodohan yang sangat sistematis.
Coba teman2 bayangkan, berapa banyak mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa kelas 1 SMA? 16. Berapa pelajaran yang harus dipelajari anak SD? 10. Pendidikan macam apa yang waktu belajar memakan hingga 1/3 hari?? Dengan semuanya berisi rumus-rumus dan teori? Sadar!!! Pembodohan yang sangat lucu inilah.. yang membudidayakan anak untuk mencontek, untuk selalu les, tumpul pemikiran, dan tidak punya impian.. Lho kok bisa?? Ya yalah!!! Tujuan terbesar anak muda sekarang adalah nilai..
Dan percayakah Anda? Bahwa orang tua Anda, kebanyakan adalah bagian dari sistem yang merusak itu.. Ortulah yang seringkali menghukum kita karena nilai jelek. Ortulah yang akan membuat paradigma kita.. Maka,apa yang harus kita lakukan??

Berhentilah mencari nilai!! Pelajarilah Al-Quran! Berhentilah untuk merasa bangga dengan mendapat nilai bagus.. berhentilah untuk memimpikan menjadi seorang pegawai dengan gaji 3-15 juta.. Tapi kerjanya eight to five, eight to five…
Saya ingin berhenti dari semua cita-cita itu.. saya ingin membuktikan bahwa kebencian yang saya miliki ini kelak akan membawa saya untuk menjadi bagian dari perubahan yang ada di Indonesia, bahkan di seluruh dunia…
Saya ingin mengangkat derajat saya dan teman2 dengan Islam… bukan dengan matematika, fisika, kimia, biologi..

Marilah, kita azzamkan dalam diri masing-masing jiwa bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini,hanyalah fana… hanya Allahlah tujuan hidup kita. Yakinlah bahwa Allah akan menolong kita…

Wassalamu’alaikum wr. Wb.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wr.wb.
    maka perlu kita pertanyakan
    apa niat kita masuk dkm?
    apa tujuan kita masuk dkm?
    bagaimana amalan yaumian kita?

    copy this link below:
    http://ftrimustgo.wordpress.com/2008/12/08/renungkanpikirkanjalankan/
    wassalamualaikum wr.wb.

    BalasHapus